Waspadai 7 Penyakit yang Datang Di Musim Hujan

Waspadai 7 Penyakit yang Datang Di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba dan cuaca panas akan berganti menjadi lebih segar dan dingin. Perubahan suhu lingkungan tidak hanya dirasakan oleh manusia saja, akan tetapi juga pada mikroba yang berada di lingkungan sekitar kita. Perubahan suhu tersebut membuat beberapa jenis mikroba menjadi lebih mudah berkembang biak, sehingga berakibat dapat menginfeksi tubuh serta menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita mewaspadai beberapa penyakit yang siap menyerang saat musim hujan.

Mungkin tidak banyak yang tahu, apa sajakah jenis penyakit yang sering datang di musim hujan? Agar lebih jelasnya, simak kelanjutan artikel Waspadai 7 Penyakit yang Datang Di Musim Hujan berikut ini : (Bahaya Mencampur Susu dnegan Buah-Buahan)

1.    Leptospirosis

Penyakit ini biasa disebut sebagai penyakit kencing tikus yang disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. Bakteri leptospira lebih mudah berkembang pada lingkungan yang kotor, becek dan berlumpur. Saat banjir, kencing tikus mudah terbawa air banjir daan bisa dengan mudah menginfeksi maanusia melalui kulit yang terluka, hidung maupun selaput lendir mata. (Cara Mencegah dan Mengobati Ginjal Bengkak)

2.    Diare

Musim hujan seringkali diawali angin kencang yang menyebabkan debu beterbangan yang berisiko mencemari makanan dan minuman. Selain itu, kurangnya menjaga kebersihan membuat kuman dan parasite pemicu diare lebih mudah menginfeksi, terutama anak-anak. Oleh karena itu, pastikan jaga kebersihan diri, makanan dan juga lingkungan. Jika mengalami diare, segera berikan pertolongan yang tepat agar tidaak terjadi keterlambatan. (Cara Memasak Genjer dan Manfaatnya Bagi Kesehatan)

3.    ISPA

Cuaca yang tidak menentu seringkali membuat daya tahan tubuh menurun sehingga bakteri, virus dan berbagai mikroba siap mengancam kesehatan pernafasan Anda. Gejala yang biasanya muncul, antara lain : demam, batuk, sesak napas hingga nyeri dada. Oleh karena itu, pastikan jaga pola makan sehat, istirahat yang cukup dan jaga kebersihan lingkungan. (Bersihkan Usus dengaan 7 Buah-Buahan Ini)

4.    Penyakit kulit

Kebersihan yang kurang terjaga saat musim hujan seringkali menyebabkan masalah kulit, misalnya : alergi, infeksi, gatal-gatal, iritasi dan lain sebagainya. Selain itu, penyaakit kulit jugaa bisa disebabkan suhu lembab akibat hujan terus menerus. (Aneka Info Sampel Gratis dan Kuis Berhadiah)

5.    Demam berdarah

Satu penyakit yang sering dating di musim hujan adalah Demam berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh nyaamuk aedes aegypti yang lebih mudah bersarang pada genangan air. Oleh karena itu, pastikan lakukan gerakan 3M, yakni mengubur barang bekas, menguras tempat penampungan air dan menutup tempat penyimpanan air. Segera bawa ke dokter jikaa Ada keluarga yang mengalami gejala DB, diantaranya : paanas tinggi disertai tanda-tanda perdarahan. (Kumpulan Resep Sambal Enak dan Menggugah selera)

6.    Flu

Menurunnya daya tahan tubuh akibat perubahan cuaca bisa menjadi penyebab flu. Beberapa gejala yang muncul, antara lain : nyeri otot, demam, batuk dan flu.

7.    Sakit perut

Musim hujan juga identik dengan munculnya lalat. Lalat-lalat seringkali menyerang makanan yang apabila kita konsumsi dpat menyebabkan penyakit, salah satunya : sakit perut.
Penyakit bisa datang dan menyerang siapa saja tanpa memandang usia, oleh karena itu pastikan jaga kebersihan, konsumsi makanan bergizi dan jangan lupa olahraga. Karena hanya dengan pola hidup sehat, maka daya tahan tubuh akan meningkat dan lebih mudah menangakal serangaan bakteri daan virus penyebab penyakit. Semoga informasi yang berjudul Waspadai 7 Penyakit yang Datang Di Musim Hujan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Filed in: Cara Mengobati

You might like:

Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan
Pentingnya Meja Rapat Pentingnya Meja Rapat
HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan
Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya! Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.