Tips Merawat Luka Operasi Caesar

Tips Merawat Luka Operasi Caesar

Persalinan, apapun prosesnya tetaplah sama beratnya, sama-sama penuh perjuangan. Jika pada persalinan normal, seorang wanita akan berjuang sekuat tenaga melawan rasa sakit yang luar biasa akibat kontraksi yang terus menguat mendekati persalinan. Rasa sakit itu akan seketika menghilang ketika buah hati sudah terlahir ke dunia. Sebaliknya pada persalinan Caesar, seorang wanita harus rela menahan rasa sakit dan nyeri luar biasa pasca operasi/penyembuhan.
Proses penyembuhan pasca operasi Caesar bisa dibilang lama, yakni sekitar 3-4 minggu. pada saat itu, ibu harus berhati-hati dalam menjaga dan merawat bekas luka operasi, karena kalau tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan infeksi yang memperlambat proses kesembuhan. Hem, kira-kira apa sajakah yang harus dilakukan pada luka bekas Caesar, simak tips merawat luka operasi Caesar berikut :

1.    Jaga kebersihan luka

Memastikan luka dalam kondisi yang higienis akan membuatnya terbebas dari infeksi. Cara menjaga kebersihan luka, yakni : ganti plester yang menempel pada luka setiap hari, bersihkan area sekitar luka menggunakan antiseptic sesuai rekomendasi dokter, pastikan menggunakan alat yang steril ketika menyentuh luka operasi, dan lain sebagainya.

2.    Lakukan olahraga ringan pasca Caesar

Meskipun rasa sakit pasca ccaesar cukup mengganggu aktivitas, namun olahraga ringan tetap sangat dianjurkan. Manfaatnya : mempercepat proses kesembuhan, melancarkan sirkulasi darah, mencegah konstipasi, mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan imunitas tubuh.

3.    Jaga pola makan yang baik

Pasca melahirkan, umumnya orang tua jaman dulu membatasi pola makan seorang ibu dengan alasan mempercepat proses kesembuhan. Akibatnya, ibu jadi kekurangan nutrisi yang dibutuhkan sebagai modal menyusui. Yang benar adalah, ibu bisa bebas mengonsumsi makanan apa saja, asalkan mengandung nutrisi penting. Makanan bernutrisi tidak hanya mempercepat penyembuhan luka, tapi juga membuat produksi ASI melimpah.

4.    Perawatan air dingin dan hangat

Ketika luka mengalami pembengkakan, Anda bisa mengompres secara bergantian dengan es batu dan air hangat secara bergantian. Cara tersebut bisa mengurangi bengkak dan membantu meningkatkan sirkulasi darah pada luka sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

5.    Gunakan pakaian yang tepat

Agar luka Caesar cepat sembuh, Anda juga harus memperhatikan cara berpakaian. hindari menggunakan pakaian ketat, karena dapat menghalangi sirkulasi dan menyebabkan iritasi serta pembengkakan sekitar luka.

6.    Hindari beraktivitas berat pasca Caesar

Meskipun Anda merasa sehat dan kuat, namun ada baiknya selama pasca Caesar Anda menghindari aktivitas berat, misalnya : mengangkat barang yang cukup berat, olahraga beban, dan lain sebagainya.

7.    Kontrol ke dokter kandungan

Meskipun Anda merasa tidak ada masalah dengan luka Caesar, namun ada baiknya Anda tetap mengontrolkan kesehatan pasca operasi Caesar.
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Filed in: Kesehatan Wanita, Manfaat Buahan

You might like:

Review dan Pengalaman Menginap di Sheraton Hotel Bandung Review dan Pengalaman Menginap di Sheraton Hotel Bandung
Mencari Pinjaman Modal untuk Mahasiswa Wirausaha Mencari Pinjaman Modal untuk Mahasiswa Wirausaha
5 Kursi Tamu Minimalis Terbaik 2017 5 Kursi Tamu Minimalis Terbaik 2017
5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya 5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.