Tips Mengejan yang Baik dan aman Saat Persalinan

Tips Mengejan yang Baik dan aman Saat Persalinan

Persalinan merupakan salah satu moment penuh perjuangan bagi para wanita, karena pada saat itu mereka harus mengerahkan seluruh tenaga dan kemampuan untuk menahan rasa sakit yang luar biasa menjelang persalinan. Step by step menyakitkan harus dijalani dengan sabar hingga waktu persalinan tiba. Kondisi tersebut terdengar menakutkan sehingga sebagian besar wanita lebih memilih persalinan Caesar.


Sebenarnya rasa menyakitkan menjelang persalinan adalah alamiah, dan akan hilang dengan sendirinya ketika janin terlahir ke dunia. Berbeda dengan kelahiran Caesar, dimana ibu masih merasakan sakit yang luar biasa pasca operasi. Jadi, persalinan normal bisa dibilang paling aman dan tetap yang yang terbaik, asalkan kondisi ibu sehat dan tanpa adanya masalah medis lainnya.
Salah satu kunci sukses menjalani persalinan normal adalah mengejan. Namun sayangnya masih banyak wanita yang belum tahu bagaimana dan kapan mulai mengejan. Mengejan harus dilakukan pada waktu yang tepat, yakni menjelang kelahiran bayi. Namun rasa sakit yang luar biasa kadangkala mendorong ibu untuk mengejan sebelum waktunya. Hal itu tidak boleh dilakukan, karena mengejan tidak tepat waktu dapat beresiko menyebabkan udem portiio atau pembengkakan Rahim akibat bibir vagina terlalu banyak mengalami dorongan. Jika terjadi pembengkakan, maka secara otomatis jalan lahir normal akan tertutup dan Anda harus rela menjalani proses persalinan secara Caesar.
Agar proses mengejan bisa sukses, simak tips berikut ini :

1.    Buka mata ketika mengejan

Proses mengejan membutuhkan tenaga yang ekstra besar dan koordinasi yang tepat pada semua otot dalam tubuh, termasuk mata. Menutup mata, sementara tekanan otot terlalu kuat justru berakibat pecahnya pembuluh darah di sekitar mata sehingga menyebabkan mata Anda merah setelah melahirkan.

2.    Mengejanlah sesuai petunjuk dokter

Mengejan itu ada waktunya sendiri, jadi jangan terburu-buru sebelum dokter/bidan Anda menyuruh. Sayangnya banyak wanita merasa ingin proses persalinannya cepat selesai, sehingga mereka berusaha mengejan sebelum waktunya. Padahal kondisi tersebut dapat mebahayakan diri sendiri.

3.    Jangan berteriak

Proses persalinan membutuhkan tenaga ekstra, karena itu jangan sia-siakan dengan banyak berteriak yang tidak jelas. Memang sakit proses persalinan normal, namun ada baiknya Anda bersabar dan menikmati proses tersebut.

4.    Buka mulut saat mengejan

Proses persalinan membutuhkan tenaga yang strong, karena itu jangan tahan mulut Anda ketika mengejan. Buka mulut Anda dan hirup oksigen agar kekuatan dan nafas Anda menjadi lebih panjang.

5.    Jangan angkat bokong Anda.

Mengangkat bokong saat mengejan beresiko menyebabkan robekan hingga ke anus, karena itu sebisa mungkin tahan rasa sakit dengan tidak mengangkat bokong Anda.
Semoga tips diatas dapat memberikan manfaat dan pencerahan, khususnya bagi ibu yang hendak menghadapi masa persalinannya. Semoga lancar  yaa prosesnyaa…

Filed in: Kesehatan Wanita

You might like:

Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan
Pentingnya Meja Rapat Pentingnya Meja Rapat
HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan
Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya! Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.