Tanda-Tanda Hendak Melahirkan Yang Wajib Anda Tahu

Tanda-Tanda Hendak Melahirkan Yang Wajib Anda Tahu

Kehamilan dan Persalinan pertama merupakan moment mendebarkan bagi wanita. Tak heran jika sebagian besar wanita merasakan cemas dan panik ketika menghadapinya. Pengetahuan tentang kehamilan dan persalinan sangatlah penting agar calon ibu memahami tindakan apa yang harus segera diambil ketika ada masalah.
Nah, kali ini kita hanya akan membahas tentang persalinan. Sebelum proses persalinan berlangsung, biasanya akan muncul tanda-tanda yang akan mengantarkan ibu pada proses besar, yakni kelahiran bayi. Beberapa tahapan yang akan dilalui ibu hamil, antara lain : tahap pembukaan (dilatasi) mulut Rahim hingga penuh (1-10), kemudian tahap kelahiran (bayi keluar dengan selamat), dan ketiga tahap pengeluaran plasenta. Setelah semuanya selesai, masih ada tahap akhir, yakni pasca lahir, dimana tenaga medis akan mengobservasi kondisi ibu selama satu jam setelah proses persalinan.

Nah, agar lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini :

Pembukaan

Pembukaan pertama sampai kedua biasanya berlangsung selama 24 hingga 48 jam, namun tidak semua wanita mengalami hal yang sama. Pada kondisi seperti ini, dukungan suami dan keluarga sangat diperlukan. Ketika pembukaan berlangsung, umumnya ibu hamil akan mengalami beberapa gejala, diantaranya : rasa mulas yang datang tak beraturan (kontraksi) hingga akhirnya mulai beraturan.

Keluar flek kental kemerahan (sumbat kehamilan)

Salah satu tanda persalinan adalah keluarnya flek kemerahan. Jika ini terjadi, maka ibu tidak perlu cemas karena hal itu merupakan proses alami persalinan.

Pecah ketuban

Pecah ketuban merupakan salah satu tahapan yang pasti dilalui menjelang persalinan berlangsung. Namun perlu diwaspadai jika pecah ketuban terjadi sebelum usia persalinan, karena dapat menimbulkan infeksi pada ibu dan janin. Oleh karena itu, segera hubungi dokter apabila ketuban pecah sebelum waktunya.

Tahap Kedua

Tahapan ini dimulai dari pembukaan 3 hingga 10 atau berlangsung selama 7 jam untuk persalinan anak pertama, sebaliknya jika persalinan anak kedua dan seterusnya akan  berlangsung lebih cepat sampai 3 jam. Kontraksi semakin lama akan menguat hingga mencapai pembukaan 10 (lengkap).

Ayo Mengejan!

Rasa sakit dan mulas akan terus menguat sehingga ibu memiliki keinginan untuk mengejan. Pada tahapan ini, biasanya tenaga medis akan membimbing ibu untuk mengatur nafas  dan kapan mulai mengejan. Ketika bayi mulai keluar, rasa sakit akan sirna berganti kebahagiaan yang luar biasa.

Tahap Ketiga

Setelah persalinan berlangsung sukses, ibu masih belum bisa bernafas lega karena masih ada tahapan selanjutnya, yakni proses mengeluarkan placenta atau ari-ari. Pada proses ini biasanya dokter akan mengeluarkannya secara alami atau dengan menggunakan bantuan suntik perangsang.
Hem… ternyata mendebarkan dan melelahkan ya Bunda, Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Filed in: Kesehatan Wanita

You might like:

Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan
Pentingnya Meja Rapat Pentingnya Meja Rapat
HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan
Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya! Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.