Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

MPASI

Sudah waktunya memberi menu MPASI 6 bulan pada bayi Anda? Eits! Hati-hati! Jangan asal memilih makanan pendamping ASI. Salah-salah, malah bisa berdampak buruk pada kesehatan bayi. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memberi si kecil MPASI. Yuk, simak berikut ini.

  1. Sesuaikan Tekstur Makanan dengan Kondisi Anak

Dalam memberikan MPASI, tekstur makanan harus Anda perhatikan. Ini berguna agar si bayi bisa mencernanya dengan mudah dan tidak tersedak ketika menelan makanan. Selain itu, ukuran lambung bayi yang masih kecil mengharuskan Anda untuk mengatur takarannya.

Untuk bayi berusia 6-9 bulan, sebaiknya berikan makanan dengan tekstur halus seperti bubur. Jumlahnya biasanya tak lebih dari 3 sendok makan orang dewasa sekali pemberian. Untuk umur 9-12 bulan, tekstur makanan bisa lebih divariasikan seperti menambahkan sayur cincang atau irisan sayur yang halus.

Untuk satu tahun ke atas, anak telah bisa diberikan makanan yang sama dengan yang Anda makan. Namun ingat, tetap dalam batasan tertentu, ya! Jangan terlalu pedas dan tidak pula terlalu berlemak.

  1. Beri Menu Tunggal Terlebih Dulu

Ketika memberi MPASI pertama, berikan menu tunggal atau satu rasa terlebih dulu untuk melihat reaksi anak Anda. Berikan 1 jenis menu tersebut selama 2-4 pertama dengan frekuensi 1-2 kali sehari. Jika mereka suka, Anda bisa melanjutkan dengan menambah frekuensinya 2-3 kali sehari setelah 4 hari tersebut.

Sesekali beri juga selingan berupa buah, biskuit, atau camilan sehat lainnya. Ketika diberi MPASI, biasanya bayi akan mengalami sembelit. Anda tak usah takut, itu adalah reaksi wajar dari tubuh si bayi.

  1. Berikan Menu 4 Bintang

MPASI ada baiknya terdiri dari elemen-elemen yang lengkap yang sering disebut dengan menu 4 bintang. Menu tersebut terdiri atas karbohidrat yang menjadi sumber energi, protein yang berperan membentuk sel tubuh, zat besi, serta vitamin yang berasal dari sayur dan buah-buahan.

  1. Tambahkan Lemak sebagai Pelengkap

Anak juga membutuhkan asupan lemak dari MPASI-nya, ya! Lemak ini bisa berasal dari margarin atau minyak ketika Anda membuat MPASI. Tapi ingat! Penambahan lemak tidak boleh berlebihan. Harus diseimbangkan dengan gizi, porsi tekstur dan frekuensi menu MPASI.

Lemak pada menu MPASI biasanya tidak dimasak bersama menu MPASI melainkan diberikan setelah makanan matang. Anda jangan beranggapan lemak adalah satu-satunya yang bisa membuat tubuh anak Anda menjadi lebih berat, karena sebenarnya untuk menambah berat anak Anda, lemak harus tetap disertai kandungan gizi yang seimbang.

  1. No Gula, No Garam dan No MSG

Untuk MPASI, hindari memberikan penambah cita rasa seperti gula, garam apalagi MSG. Penambahan cita rasa ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan bayi Anda. Garam dikhawatirkan bisa menambah beban ginjal si kecil sedangkan gula mampu merusak gigi. MSG malah lebih berbahaya. Bisa menghambat pertumbuhan si kecil.

Pemberian menu MPASI 6 bulan sebenarnya gampang-gampang susah. Anda harus jeli memilih makanan yang cocok untuk buah hati Anda yang masih kecil. Agar aman, dianjurkan Anda membuat sendiri. Tapi, bila Anda tak punya waktu, Anda bisa memberikan MPASI Nestle CERELAC yang pastinya bisa mendukung kebutuhan gizi si kecil.

Filed in: Review

You might like:

Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan
Pentingnya Meja Rapat Pentingnya Meja Rapat
HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan
Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya! Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.