Sepuluh Gejala Diabetes yang Patut Diwaspadai

Sepuluh Gejala Diabetes yang Patut Diwaspadai

Diabetes termasuk penyakit yang banyak menyerang masyarakat kita saat ini. Selain faktor keturunan, gaya hidup tidak sehat juga menjadi pemicu meningkatnya jumlah penderita diabetes. Meskipun menyadari bahaya diabetes, sayangnya banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mendiagnosa kadar gula darahnya, kecuali mereka melakukan pemeriksaan secara medis. Pada fase awal, penderita diabetes memang jarang merasakan hal aneh pada tubuhnya, karena itu tak heran jika tahu-tahu diabetes sudah berkembang menjadi akut. (Kebiasaan Sehari-Hari Peningkatkan risiko Diabetes)
Susahnya mendiagnosa kadar gula dalam darah membuat diabetes tiba-tiba datang pada tubuh yang sehat dan merusak organ tubuh. Nah, agar diabetes tidak menggerogoti kesehatan Anda, ada baiknya Anda memahami gejala diabetes sebelum dokter benar-benar memvonis ada kelainan pada fungsi Insulin atau gula darah Anda tinggi. Berikut ini merupakan 10 tanda awal tubuh terserang diabetes : (Efek Buruk Diabetes Jika Tidak Diobati)

Lemas (Polifagi)

Gejala awal yang bisa dikenali adalah mudah lemas. Hal ini dikarenakan insulin yang bermasalah akibat penumpukan glukosa sehingga sel tubuh tidak bisa menyerap gula dengan baik.

Merasa Haus (Polidipsi)

Penyerapan cairan dalam jumlah besar oleh ginjal sehingga menyebabkan penderita diabetes merasa haus terus menerus.

Sering Buang air kecil (Poliuri)

Gejala awal yang bisa dikenali adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil, terutama di malam hari. Hal itu terjadi akibat tingginya kadar gula dalam darah yang tidak bisa ditoleransi oleh ginjal.

Berat badan menurun drastis

Penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab harus Anda waspadai karena bisa jadi merupakan gejala awal diabetes. Penurunan berat badan pada penderita diabetes terjadi akibat tubuh tidak mampu melepaskan energi.

Kulit kering

Kadar gula tinggi bisa menyebabkan kulit kering. Hal ini terjadi akibat neuropati perifer pada tubuh yang mempengaruhi sirkulasi kulit dan fungsi kelenjar keringat.

Penglihatan Menurun

Menurunnya penglihatan pada penderita diabetes disebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah yang dapat merusak pembuluh darah dalam mata. Jika tidak diatasi dengan benar, kondisi ini dapat menyebabkan kebutaan.

Penyembuhan luka lebih lama

Tidak normalnya kinerja hormon insulin membuat sistem imun ikut menurun dan memperlambat proses penyembuhan luka.

Kesemutan pada tangan dan kaki

Kesemutan terjadi akibat kadar glukosa dalam darah berlebihan. Selain kesemutan, biasanya seseorang akan merasa sensasi seperti terbakar pada tangan dan kakinya.

Sering lapar

Tidak berfungsinya insulin membuat tubuh tidak mampu menyerap gula sehingga tubuh kekurangan energi dan rasa ingin makan terus.

Infeksi kulit

Imunitas tubuh yang menurun membuat infeksi kulit mudah menyerang penderita diabetes.
Dengan mewaspadai gejala diabetes lebih awal, Anda bisa segera melakukan upaya medis dan mengatur ulang pola hidup yang sehat agar ancaman diabetes tidak menghantui kehidupan Anda.

Filed in: Uncategorized

You might like:

Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan
Pentingnya Meja Rapat Pentingnya Meja Rapat
HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan
Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya! Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.