Penyebab Telapak Kaki Sakit Setelah Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Telapak Kaki Sakit Setelah Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

IntipsLagi – Pernah mengalami sakit pada telapak kaki atau tumit setelah bangun tidur? Kondisi tersebut seringkali dianggap karena tingginya kadar asam urat, padahal nyeri telapak kaki setelah bangun tidur termasuk salah satu ciri khas dari kondisi plantar fasciitis atau peradangan pada ligament yang menyangga lengkungan kaki. Ligamen yang menyangga lengkungan kaki atau menghubungkan antara tulang tumit dengan tulang jari kaki disebut sebagai plantar fascia. Saat plantar fascia sering mengalami peregangan, maka lama-lama akan menjadi lemah, bengkak dan mengarami peradangan. Kondisi tersebut yang kemudian memicu rasa sakit pada tumit atau telapak kaki ketika bangun tidur, setelah duduk lama, berdiri, dan berjalan.


Siapa yang berisiko mengalami Plantar Fasciitis?

Umumnya plantar fasciitis dialami oleh seseorang yang berusia antara 40 – 60 tahun. Meski demikian, bukan berarti Anda yang amsih muda tidak berisiko mengalaminya, karena plantar fasciitis juga bisa disebabkan beberapa factor, diantaranya : kegemukan, pekerjaan yang bertumpu pada kaki, sepatu yang tidak cocok, bentuk mekanik kaki yang salah (missal : kaki lengkung, ceper berlebih, jalan jinjit, dna lainnya), banyak melakukan aktivitas yang bertumpu pada tumit (misalnya : aerobic, balet, lari jarak jauh, dan lainnya), dan masih banyak yang lainnya.

Gejala yang dirasakan oleh penderita Plantar Fasciitis

Dibandingkan lelaki, enyakit plantar fasciitis ini lebih sering menimpa para wanita. Penyakit ini bisa menyerang satu kaki atau keduanya. Penderita akan merasakan beberapa gejala yang cukup menyiksa, diantaranya : telapak kaki terasa nyeri setelah bangun tidur dan terasa kaku, namun akan berkurang saat dibuat berjalan. Meski begitu, rasa nyeri akan bertambah parah jika Anda berdiri lama, naik tangga atau melakukan aktivitas yang bertumpu pada tumit.

Cara  Mengatasi Plantar Fasciitis

Meski terlihat sepele, namun kondisi ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan cedera yang lebih parah. Adapun cara sederhana yang bsia dilakukan untuk mengatasi Plantar fasciitis, adalah :
Istirahat yang cukup
Kurangi aktivitas yang membebani kaki, misalnya : kurangi jalan atau olahraga berat yang bertumpu pada kaki
Kompres es pada kaki
Jangan langsung berjalan setelah bangun tidur. Duduklah sejenak, jika perlu lakukan pijatan lembut pada telapak kaki agar sirkulasi darah lancar.
Gunakan alas kaki yang lembut dan empuk

Jika tak juga membaik, maka…

Jika segala usaha sudah dilakukan, namun hasilnya tak juga membaik, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mengetahui secara akurat penyebab telapak kaki atau tumit nyeri tersebut. Biasanya dokter akan memberikan obat anti radang, suntikan khusus kortikosteroid, fisioterapi,, atau pembedahan.
Nah, sudah tahu khan apa yang menjadi penyebab telapak kaki sakit setelah bangun tidur dan cara mengatasinya? Semoga informasi yang berjudul Penyebab Telapak Kaki Sakit Setelah Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Filed in: Kesehatan Wanita

You might like:

5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya 5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya
Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign
Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD
Pahami Hal Berikut Sebelum Bisnis Kambing Kurban Pahami Hal Berikut Sebelum Bisnis Kambing Kurban

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.