Penyebab Luka Diabetes Membusuk Hingga Diamputasi

Penyebab Luka Diabetes Membusuk Hingga Diamputasi

Gangrene merupakan salah satu komplikasi diabetes yang cukup menakutkan, karena bisa mengantarkan penderita diabetes pada vonis “amputasi”. Salah satu lokasi luka yang cukup ditakuti oleh penderita diabetes adalah kaki, karena selain sangat susah disembuhkan juga banyak kejadian yang mengharuskan seseorang diamputasi. Mungkin tak banyak yang tahu, bagaimana bisa timbul luka tersebut? Nah, agar lebih jelasnya, simak terus artikel yang berjudul Penyebab Luka Diabetes Membusuk Hingga Diamputasi ini ya.
Sebelum muncul luka, umumnya penderita akan merasakan kesemutan dan mati rasa pada bagian kaki yang tiba-tiba berubah warna agak menghitam, kemudian muncullah luka yang awalnya terlihat kecil. Namun jangan remehkan luka kecil tersebut, karena kadar gula darah yang tinggi membuat bakteri mudah berkembang biak hingga menyebabkan luka terus membengkak dan membusuk. Selain itu, kondisi luka akan semakin memburuk  dan tidak kunjung sembuh akibat gangguan metabolism tubuh yang mengakibatkan kurangnya aliran darah  dan oksigen ke kaki yang akhirnya membuat jaringan syaraf rusak atau mati.
Luka diabetes pada Kaki/diabetesmelitus.org

Tanda-tanda luka gangrene

Gangrene merupakan satu kondisi dimana luka menghitam akibat rusaknya jaringan dan berbau busuk akibat bakteri. Sebenarnya gangrene merupakan salah satu gejala turunan diabetes yang biasa disebut PAD (peripheral arterial disease) atau penyakit pembuluh darah tepi. Sebutan lain bagi penderita diabetes yang kakinya mengalami PAD adalah kaki diabetic. (Cara Sederhana Agar rumah Bebas dari Gangguan Kecoak)

Kenapa luka Diabetes Sulit sembuh

Kondisi ini terjadi akibat tersumbatnya pembuluh darah yang akhirnya menyebabkan aliran darah pada kaki menurun dan kadar oksigen dalam darah juga berkurang.  Dalam kondisi tersebut, otomatis luka pada kaki penderita diabetes akan sulit disembuhkan bahkan bisa meluas dan membusuk. Selain itu, kondisi luka akan semakin parah akibat bakteri yang menyebar dalam system peredaran darah dan merusak jaringan dalam tubuh. (6 Kebiasaan yang membahayakan Paru-Paru)

Mengapa luka diabetes harus diamputasi?

Jika luka sudah menghitam dan mengeras akibat banyaknya jaringan yang mati, otomatis tindakan amputasi harus dilakukan karena jika dibiarkan justru dapat membahayakan penderita, misalnya : luka akan meluas ke organ tubuh lainnya dan menjadi tempat bersarangnya bakteri yang memperburuk kondisi luka. (Waspadai 6 Tanda Sakit Kepala Mulai Berbahaya)

Tips Menghindari Komplikasi Gangrene

Gangrene pada penderita diabetes bisa dihindari dengan mudah, dengan cara berikut ini :
–    Control kadar gula darah, pastikan kadar gula darah dalam kondisi normal agar tidak memicu komplikasi, salah satunya gangrene.
–    Perlakukan kaki seperti wajah, artinya : jaga kelembapannya agar tidak mudah kering/pecah-pecah, segera obati luka sekecil apapun. (Cegah dan Kendalikan Diabetes dengan 9 Makanan Sehat Ini)
–    Jaga kebersihan kaki, pastikan merawat seluruh bagian kaki hingga lipatan atau sela kaki agar terhindar dari jamur yang memicu luka/infeksi.
–    Periksakan diri ke dokter jika terjadi hal yang mencurigakan, misalnya : kaki bengkak, bernanah, melepuh, atau perubahan lainnya.
–    Beralih pada gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat, karena dengan cara ini penderita diabetes bisa tetap sehat dan bebas beraktivitas.
Semoga artikelyang berjudul Penyebab Luka Diabetes Membusuk Hingga Diamputasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (9 Cara Menghindari Komplikasi Diabetes)
Filed in: Kesehatan Wajah

You might like:

Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan
Pentingnya Meja Rapat Pentingnya Meja Rapat
HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan
Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya! Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.