Orang Tua Harus Tahu Tanda-Tanda Bayi Belajar Duduk dan Cara Melatihnya Ini

Sebagian besar orang tua terlebih orang tua yang baru memiliki anak pertama biasanya bertanya-tanya mengenai pada usia berapa bayi bisa duduk. Umumnya, bayi belajar duduk di usia 5-6 bulan dengan bantuan orang dewasa dan bisa duduk sendiri tanpa bantuan di usia 7-8 bulan.

belajar duduk
Walaupun demikian, waktu prediksi tersebut bisa saja berbeda mengingat tumbuh kembang setiap bayi yang juga berbeda. Pemberian stimulasi atau latihan untuk duduk pun sangat penting dilakukan. Namun, pemberian latihan ini harus tepat dan berdasarkan kesiapan bayi. Yuk sama-sama kenali tanda-tanda bahwa bayi Anda sedang belajar duduk dan siap diberi stimulasi yang tepat berikut ini.
•    Bayi Mengangkat dan Menggerakkan Kepala
Tanda pertama yang menegaskan bahwa bayi sudah mulai belajar duduk adalah saat ia sudah bisa mengangkat serta menggerakkan kepalanya. Hal ini menunjukkan bahwa tulang belakang dan leher si bayi sudah dapat berfungsi secara sempurna. Umumnya bayi mulai mampu menggerakkan kepala di usia 3 atau 4 bulan.
•    Bayi Membalikkan Tubuhnya
Setelah bayi berhasil mengangkat serta menggerakkan kepalanya, bayi umumnya memiliki kemampuan untuk membalikkan tuhuh dari posisi telentang ke posisi tengkurap dan sebaliknya. Hal ini tentu mengisyaratkan bahwa bayi sudah lebih siap untuk duduk.
•    Bayi Memegang Sesuatu
Perkembangan motorik tangan pada bayi dianggap baik jika ia sudah bisa memegang sesuatu kemudian mengangkat dan menggerakkannya. Perkembangan motorik yang baik ini akan sangat berguna untuknya dalam menyeimbangkan tubuh saat bayi belajar duduk.
Jika bayi Anda telah mampu melakukan ketiga hal di atas, maka Anda pun bisa mulai meatihnya untuk duduk dengan cara yang benar. Perlu digarisbawahi bahwa bayi tidak akan langsung bisa menyeimbangkan tubuhnya di awal-awal belajar duduk. Jadi, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini.
•    Mulailah membiasakan bayi untuk duduk dengan memangkunya dan buat ia dalam posisi duduk di pangkuan sambil tubuh kecilnya bersandar pada Anda.
•    Keluarkan mainan kesukaannya dan pancing ia untuk meraih mainan itu dengan tangannya. Hal ini bertujuan untuk melatih kekuatan leher serta keseimbangannya.
•    Selain menyodorkan mainan di hadapannya, Anda juga bisa menghadapkan bayi pada mainan yang diletakkan pada permukaan datar yang empuk setinggi dadanya.
Dengan pemberian stimulasi yang tepat serta pada waktu yang tepat, maka bayi Anda pun pasti akan mampu duduk sendiri dengan tegak tepat pada waktunya atau malah lebih cepat. Semoga bermanfaat untuk para orang tua.

Filed in: Review

You might like:

5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya 5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya
Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign
Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD
Pahami Hal Berikut Sebelum Bisnis Kambing Kurban Pahami Hal Berikut Sebelum Bisnis Kambing Kurban

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.