Mengenal Infeksi kantong empedu : Gejapa, Komplikasi dan Upaya Pencegahan

Mengenal Infeksi kantong empedu : Gejapa, Komplikasi dan Upaya Pencegahan

IntipsLagi – Tahukah Anda, apa sich fungsi dari Empedu? Empedu merupakan cairan bening yang terletak pada hati. Adapun fungsinya adalah untuk mencerna lemak yang nantinya akan disimpan kedalam kantung empedu. Lalu bagaimana bisa terjadi infeksi kantong empedu? Umumnya, infeksi kantung empedu terjadi akibat endapan kolesterol yang dalam tubuh. Asupan makanan yang mengandung kolesterol membuatnya stock kolesterol terus menumpuk dalam tubuh yang lama-kelamaan akan mengendap dan mengeras dalam kantung empedu hingga menyerupai batu.

Umumnya, batu empedu tidak menimbulkan rasa sakit, tapi jika keberadaannya menyumbat kantong empedu, maka seseorang akan mengalami sakit yang luar biasa pada perut bagian kanan secara mendadak atau dalam istilah medis disebut kolik bilier. Dari sini bisa disimpulkan jika Infeksi kantung empedu merupakan suatu peradangan atau infeksi yang terjadi pada dinding kantung empedu karena munculnya batu empedu.  Penyebab infeksi kantung empedu sendiri adalah kuman yang terdapat dalam saluran pencernaan. Jika kondisi ini dibiarkan, maka bisa jadi empedu kita tidak bisa berfungsi sempurna.

Faktor risiko infeksi kantung empedu

Ada beberapa factor yang menyebabkan seseorang berisiko menderita penyakit infeksi kantong empedu, diantaranya :
•    Faktor genetik
•    Berjenis kelamin wanita
•    Lansia
•    Obesitas atau kegemukan
•    Seseorang yang menderita kolesterol tinggi

Tanda dan Gejala infeksi kantung empedu

Hampir semua penyakit, pasti diawali dengan beberapa gejala atau tanda-tanda tertentu, begitu pula dengan infeksi kantung empedu. Seperti dijelaskan diatas, apabila batu empedu menyumbat saluran empedu, maka seseorang akan merasakan sakit yang luar biasa pada perut kanan atas atau yang disebut nyeri kolik. Kadangkala diikuti dnegan rasa mual, muntah, sendawa parah, demam hingga gangguan pencernaan.
Komplikasi yang ditimbulkan Infeksi kantung empedu
Meski kadang tidak menimbulkan gejala yang menghawatirkan, namun penyakit ini patut diwaspadai, karena dapat memicu komplikasi. Berikut ini beberapa komplikasi yang mungkin menimpa penderita infeksi kantung empedu :
•    Perdarahan
•    Terjadi peradangan pada pankreas
•    Infeksi saluran empedu atau perforasi
•    Munculnya batu empedu lagi

Upaya yang dilakukan untuk mencegah Infeksi kantung empedu

Agar Anda terhindar dari risiko penyakit Infeksi kantung empedu, maka kita bisa melakukan upaya pencegahan, berikut ini :
•    Jaga berat badan yang ideal dan hindari kegemukan
•    Hindari makanan berlemak dan berkolesterol tinggi
•    Perbanyak konsumsi buah-buahan
•    Atur pola makan yang sehat
•    Lakukan olahraga rutin
•    Penuhi kebutuhan cairan
Semoga informasi yang berjudul Mengenal Infeksi kantong empedu : Gejapa, Komplikasi dan Upaya Pencegahan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Baca Artikel Keren Lainnya

Cara Mudah Kurangi Lemak pada Dagu Berlipat
Kenali Penyebab dan Bahaya Penyakit Jantung Bocor
Cara Mudah Cerahkan Pangkal Paha yang Menghitam
Kuatkan Fungsi Hati dengan Tujuh Makanan Ini
Sebal dengan Jamur Kuku? Kenali Penyebab dan cara Mengatasinya

Filed in: Kesehatan Wanita

You might like:

5 Kursi Tamu Minimalis Terbaik 2017 5 Kursi Tamu Minimalis Terbaik 2017
5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya 5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya
Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign
Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.