Kenali 5 Tanda Anak Percaya Diri yang Perlu Anda Stimulasi

ciri-ciri-anak-percaya-diri

Tidak sedikit anak-anak yang memperlihatkan tanda anak percaya diri mereka di tempat umum. Terutama saat bersosialisasi dengan teman-teman seusianya di sekolah. Sayangnya, tanda-tanda ini semakin tergerus seiring ketergantungan mereka dengan ilusi yang ditawarkan oleh gawai. Oleh karena itu, Anda perlu menstimulasi kembali tanda-tanda berikut.

  1. Berani Menyuarakan Keinginannya

Tanda pertama yang bisa Anda dapati pada anak yang memiliki rasa percaya diri tinggi adalah selalu berani mengungkapkan isi hati dan pikirannya. Beda dengan anak pemalu dan cenderung menutup diri yang membuatnya menjadi rendah diri.

Untuk anak yang memiliki rasa percaya diri, Anda sebagai orang tua perlu memberi stimulasi atau dukungan dengan cara mengarahkannya agar bisa menempatkan kata-katanya dengan baik, benar, dan sopan. Dengan demikian, dia tidak akan menjadi pribadi yang mencerminkan pepatah ‘tong kosong nyaring bunyinya’.

  1. Aktif Mengajak Berteman

Anda pernah melihat anak yang lebih sering menempel pada orang tuanya saat berada di kelas atau jam istirahat? Pada awal-awal sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sepeti Kober dan TK, hal ini mungkin terlihat biasa. Tapi, jika sudah melewati beberapa bulan, hal ini sudah seharusnya hilang.

Nah, jika anak Anda aktif mengajak berteman dengan teman sekelasnya, pastikan untuk membujuknya agar mengajak anak pendiam ini untuk bermain bersamanya. Minta anak dengan cara lembut agar mau terus menjalin interaksi dengan anak yang pendiam tersebut. Dengan cara ini kemungkinan besar anak tersebut akan mulai membuka diri.

  1. Selalu Ingin Tahu dan Mencoba Hal Baru

Tanda anak percaya diri berikutnya adalah selalu ingin tahu dan tertarik untuk mencoba hal baru. Jangan khawatir jika memiliki anak seperti ini. Bahkan, Anda seharusnya bangga karena berhasil membuat anak Anda memiliki pribadi yang mencerminkan anak cerdas.

Latar belakang keluarga yang bahagia juga bisa menjadi pemicu terbentuknya karakter ini. Anda hanya perlu memperluas wawasan agar jika anak bertanya tentang sesuatu, Anda memiliki jawaban yang tepat dan bisa dipahami oleh anak seusianya.

  1. Jarang Menangis

Merupakan fitrah bagi seorang anak jika menangis saat keinginannya tidak atau belum terwujud. Tapi, bagi anak yang memiliki rasa percaya diri tinggi, hal ini tidak menjadi halangan untuk dia terus berusaha dan mengenyampingkan keinginannya untuk menangis.  Jadi, setiap konflik akan dihadapinya tanpa bersembunyi di balik tubuh Anda sebagai tameng.

Misalnya, saat penampilan nyanyi. Bisa jadi suaranya memang tidak terlalu bagus. Tapi, dia akan tetap semangat menyanyi, bahkan dengan suara keras dan wajah optimis. Sebagai orang tua, Anda tidak boleh mengejeknya, tapi memberi masukan agar nyanyiannya lebih enak didengar, begitupula dengan intonasi, ritme, dan lainnya.

  1. Pantang Menyerah

Seperti pada poin sebelumnya, anak yang percaya diri sangat jarang menangis. Hal ini dikarenakan usahanya melakukan sesuatu yang terbaik membuatnya pantang menyerah. Oleh karena itu, Anda harus terus mendukung setiap aktivitas positif anak Anda tersebut.

Tahukah Anda, jika semua tanda anak percaya diri yang ada pada diri anak bisa menjadi tanda bahwa anak Anda itu cerdas? Tidak hanya pintar, anak Anda juga supel, mudah bergaul, dan pandai menyelesaikan masalahnya sendiri. Oleh karena itu, terus beri stimulasi atau dukungan agar nanti dia akan menjadi salah satu orang yang bermanfaat bagi dunia.

Filed in: Review

You might like:

Aneka Kejutan Promo Ramadhan yang Paling Dinanti Aneka Kejutan Promo Ramadhan yang Paling Dinanti
Rekomendasi Terbaik Tempat Jual Sarung Tangan Motor Rekomendasi Terbaik Tempat Jual Sarung Tangan Motor
Kenali 5 Tanda Anak Percaya Diri yang Perlu Anda Stimulasi Kenali 5 Tanda Anak Percaya Diri yang Perlu Anda Stimulasi
Promoting Event with Social Media Engagement PouchNation Promoting Event with Social Media Engagement PouchNation

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.