Kanker Payudara, Definisi dan Pengertian Secara Detail Yang Harus Anda Pahami

Kanker Payudara, Definisi dan Pengertian Secara Detail Yang Harus Anda Pahami

Kanker Payudara
Kanker Payudara
Kanker Payudara, Definisi dan Pengertian Secara Detail Yang Harus Anda Pahami – Ketika mendengar penyakit kanker, tentu saja bayangan kematian akan selalu terngiang di pikiran kita. Betapa tidak, penyakit yang mengerikan tersebut merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri penyakit kanker juga tergolong penyakit yang menakutkan bagi semua kalangan. Penyakit kanker sendiri jenisnya tidak hanya satu, namun ada beberapa jenis yang semuanya termasuk penyakit yang mengerikan.
Jenis Kanker Yang Harus Anda Waspadai : Jenis Penyakit Kanker IniHarus Anda Waspadai, Sangat Berbahaya Dan Ganas
Salah satu dari beberapa jenis penyakit kanker yang paling berbahaya adalah penyakit kanker payudara. Kanker payudara adalah salah satu penyakit kanker yang menyerang pada payudara wanita. Namun saat ini ternyata kanker payudara tidak hanya menyerang pada wanita, namun pria pun juga ada beberapa korbannya. Lalu bagaiamana sebenarnya definisi atau pengertian kanker payudara itu sendiri, mari perhatikan penjelasan di bawah ini.
Pengertian dan Definisi Kanker Payudara Pada Wanita
Payudara adalah salah satu dari bagian tubuh yang terbentuk dengan lemak, jaringan ikat dan ribuan lobulus atau kelenjar kecil penghasil air susu. Nah, saat seorang wanita melahirkan, Air Susu Ibu atau ASI ini dikirim ke bagian ujung payudara melalui saluran kecil ketika menyusui. Sel-sel yang ada pada tubuh manusia jika pada kondisi sehat dan normal biasanya pasti akan tumbuh dan berkembang biak dengan teratur. Artinya sel-sel baru hanya terbentuk dan tumbuh ketika dibutuhkan saja.
Kondisi demikian berbeda dengan penderita kanker, proses pada pengidap kanker tidak wajar. Pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru menjadi tidak terkendali dan tumbuh seperti menjadi inang. Sel-sel yang tidak normal tersebut bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh melalui aliran darah dan salah satunya adalah pada payudara. Jika bisa dideteksi dari stadium awal, kanker bisa diobati sebelum menyebar pada bagian tubuh yang lain nya. Untuk gejala awal kanker payudara sendiri adalah adanya benjolan atau penebalan pada jaringan kulit di payudara. Namun demikian tak semua benjolan bisa atau menandakan seseorang terkena kanker.
Untuk penderita kanker payudara di Indonesia sendiri bisa mencapai 40 kasus pada setiap 100 ribu penduduk pada tahun 2012 menurut data yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan dunia WHO. Jika dibandingkan dengan negara tetangga kita Malaysia, penderita kanker payudara di negara kita lebih didominasi oleh wanita dengan usia muda dan wanita yang sudah pada tahap lanjut.
Jenis Kanker Payudara
Ternyata, jenis kanker payudara ini tidak hanya satu, ada beberapa jenis kanker payudara yang kerap menyerang para wanita. Namun secara umum jenis kanker payudara bisa digolongkan menjadi dua kategoi yaitu, non-invasif dan invasif. Untuk penjelasan lebih detail mengenai jenis kanker payudara tersebut bisa Anda perhatikan di bawah ini.
1. Jenis Kanker Payudara Invasif
Bentuk yang paling umum dari jenis kanker payudara invasif adalah kanker payudara duktal invasif yang berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara. Kata invasif sendiri bisa ditafsirkan bahwa jenis kanker ini bisa menyebar di bagian tubuh lainnya selain payudara. Penelitian menyebutkan bahwa 80 persen dari semua kanker payudara invasif adalah jenis kanker semacam ini. Jenis kanker invasif sendiri juga meliputi beberapa jenis, diantaranya :
Kanker payudara labular infasiv
Kanker payudara terinflamasi
Kanker paget payudara
Jenis-jenis kanker seperti ini dikenal juga dengan sebutan jenis kanker sekunder atau metastasis. Jenis kanker ini bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh, tidak saja pada satu bagian tubuh. Untuk penyebarannya sering terjadi melalui kelenjar getah bening (kelenjar kecil yang menyaring bakteri dari tubuh). Atau bisa juga menyebar melalui aliran darah.
2. Jenis Kanker Payudara Non Invasif
Jenis kanker ini biasanya sering ditemukan melalui mamografi karena model kanker seperti ini jarang menimbulkan benjolan. Jenis kanker seperti ini juga biasa disebut sebagai pra kanker. Tipe yang paling umum dari jenis kanker ini adalah duktal karsinoma in situ. Jenis kanker ini memiliki sifat yang jinak yang ditemukan pada saluran duktus atau payudara dan kondisinya belum menyebar.

Nah, itulah gambaran sederhana mengenai kanker payudara serta beberapa jenis kanker payudara yang sering ditemukan. Demikian info mengenai  kanker payudara dari infomedika, insyaalloh di lain waktu dan kesempatan akan kami sampaikan informasi lebih detail mengenai kanker, baik kanker payudara maupun jenis kanker yang lain. 
Filed in: Uncategorized

You might like:

Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan
Pentingnya Meja Rapat Pentingnya Meja Rapat
HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan
Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya! Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.