Jangan Sepelekan Memar Pada Tubuh, Ini 7 Penyebabnya!

Jangan Sepelekan Memar Pada Tubuh, Ini 7 Penyebabnya!

Apakah Anda sering mengalami memar? Memar atau bercak berwarna biru lebam biasa muncul pada tubuh jika mengalami benturan. Namun bagaimana jika memar muncul tiba-tiba, padahal tidak mengalami benturan? Memar yang muncul pada tubuh tanpa tahu penyebabnya tersebut seringkali dianggap biasa, bahkan terdapat mitos yang menyebutkan jika hal tersebut karena dicubit setan. Hem, meskipun memar tersebut bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu tertentu, namun ada baiknya jangan disepelekan karena bisa jadi merupakan gejala penyakit serius, misalnya: hemofilia. 
Memar (gambar :kumpulanmisteri.com)
Perdarahan di bawah lapisan kulit atau memar dalam istilah medis disebut hematom atau petekie. Umumnya, memar tanpa sebab tersebut muncul pada area lengan atau kaki dan seringkali dialamioleh para wanita. Penyebab memar sendiri sangat beragam, diantaranya : (Tujuh Cara Mudah Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur)

1.    Usia

Penyebab munculnya memar bisa jadi akibat factor usia. Jadi semakin bertambahnya usia seseorang,  otomatis kulit dan kapiler juga mengalami penuaan dan penurunan fungsi sehinga mudah sekali mengalami memar/lebam. (Waspada,Ini Tiga Waktu Turunnya Azab Allah)

2.    Kekurangan trombosit

Seseorang yang mengalami kekurangan trombosit umumnya akan mudah mengalami bercak-bercak merah atau mirip memar pada bagian tubuh tertentu, salah satunya : paha,tangan dan kaki. (Manfaat dan Bahaya Durian yang Wajib Anda Tahu)

3.    Obat pengencer darah

Munculnya memar juga bisa terjadi akibaat efek konsumsi obat-obatan tertentu,misalnya obat pengencer darah. Karena itu,pastikan konsultasi ke dokter jika mengalami efek yang mencurigakan setelah mengonsumsi obat. (Tips Masak Ayam agar Sehat dan Nutrisinya terjaga)

4.    Kelainan pada plasma

Kelainan plasma juga membuat seseorang mudah mengalami lebam atau memar. Gangguan tersebut terjadi akibat adanya protein pada susunan plasma yang hilang dan umumnya bersifat genetic.

5.    Posisi tidur yang salah

Salah satu penyebab munculnya memar adalah posisi tidur yang tidak tepat, oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa cemas dan biasakan tidur dalam posisi yang baik, misalnya : miring ke kanan.

6.    Stres dan kelelahan

Terlalu lelah dan stress juga bisa memicu munculnya memar atau lebam pada tubuh,oleh karena itu pastikan jaga pola istirahat yang cuku dan kelola stress dengan baik.

7.    Paparan sinar matahari

Memar juga bisa muncul akibat kerusakan kulit karena paparan sinar matahari. Kulit yang terus menerus terkena panas matahari dapat membuatnya rapuh dan mengalami benjolan akibat pembuluh darah yang bocor.
Setelah mengetahui beberapa penyebabnya diatas, pastinya Anda tidak akan salah lagi menganggap jika memar pada tubuh akibat dijilat atau dicubit setan,bukan? Semoga informasi yang berjudul Jangan Sepelekan Memar Pada Tubuh, Ini 7 Penyebabnya!  Diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Filed in: Uncategorized

You might like:

Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan
Pentingnya Meja Rapat Pentingnya Meja Rapat
HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan
Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya! Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.