Ini Dia Rukun Umroh yang Wajib Diketahui Calon Jemaah Umroh

kumpulan-doa-haji-dan-umroh

Setiap umat Islam di seluruh penjuru dunia ini pasti ingin beribadah ke tanah suci baik itu melalui ibadah haji ataupun umroh. Secara teknis, umroh diartikan sebagai salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam yang memang hampir mirip dengan ibadah haji atau sering pula disebut dengan sebutan “haji kecil”. Perbedaan keduanya hanya terletak pada waktu pelaksanaan. Nah, umroh ini juga memiliki sejumlah aturan seperti syarat dan rukun.

Apa Itu Rukun Umroh?

Secara sederhana, rukun umroh adalah rangkaian kegiatan ibadah yang wajib hukumnya untuk dilakukan dalam pelaksanaan umroh. Para calon jemah umroh tentu harus mengetahui betul mengenai rukun ini.

Apa Saja Rukun Umroh Tersebut?

  1. Ihram

Ihram merupakan niat melakukan ibadah umroh dengan cara mengucapkan talbiah. Setiap kaum muslim yang hendak melaksanakan ibadah umroh wajib mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki terdiri dari 2 lembar kain yang tidak berjahit. 1 helai kain digunakan untuk melilit pinggang sampai bawah lutut sedangkan satu helai lainnya diselempangkan mulai dari bahu kiri ke bawah ketiak kanan. Sedangkan untuk wanita, pakaian ihlam ini hanya cukup berwarna putih, menutup seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah serta tidak ada jahitan pula.

  1. Thawaf

Rukun umroh yang selanjutnya adalah thawaf. Thawaf adalah kegiatan ibadah yang dilakukan dengan berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuk putaran dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir pula di Hajar Aswad.

  1. Sa’i

Sa’i adalah kegiatan wajib lainnya yang dilakukan dengan berjalan di antara Shafa dan Marwah pulang pergi sebanyak tujuh kali dengan niat ibadah semata-mata karena Allah. Perjalanan mulai dari bukit Shafa menuju bukit Marwah dihitung sebanyak 1 kali. Kemudian perjalanan ke bukit Shafa lagi dihitung satu kali pula.

  1. Tahallul

Kegiatan yang terakhir ini sebenarnya berhubungan dengan Sa’i, atau disebut pula hal yang dilakukan setelah Sa’i. Tahallul berarti bercukur sebagian dari rambut di kepala yang dilakukan setelah selesai Sa’i.

Demikianlah rukun umroh yang sebenarnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Namun, jangan pernah menyepelakannya. Hendaknya para calon jemaah umroh selalu mengingat dan mengetahui kewajiban ini dengan baik. Anda juga harus paham bahwa segala rukun ini harus dilakukan secara tertib, teratur dan rapi. Semoga bermanfaat dan semoga ibadah Anda berjalan lancar sesuai rencana.

Filed in: Review

You might like:

5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya 5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya
Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign
Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD
Pahami Hal Berikut Sebelum Bisnis Kambing Kurban Pahami Hal Berikut Sebelum Bisnis Kambing Kurban

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.