Ingin Terhindar dari Penyakit Jantung? Hindari 10 Kebiasaan Buruk Ini!

Ingin Terhindar dari Penyakit Jantung? Hindari 10 Kebiasaan Buruk Ini!

Gambar/detikhealth
Sayangi Jantung Anda, karena dia merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya agar mampu bekerja maksimal. Sebagaimana yang kita tahu, kerja jantung sangatlah berat, karena ia harus memompa darah ke seluruh bagian tubuh selama 24 jam tanpa henti.  Menjaga kesehatan jantung agar berfungsi maksimal sangatlah penting, karena seluruh jaringan tubuh manusia tidak mampu bertahan hidup tanpa adanya suplai darah segar yang mengandung nutrisi penting dan oksigen.
Bisa disimpulkan jika denyut jantung berhenti, maka hidup manusia akan tamat. Oleh sebab itu, kita harus menyayangi jantung agar otot jantung menjadi sehat, kuat, mampu berdenyut secara teratur sepanjang waktu. Semua orang pasti sudah tahu jika penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia, namun sayangnya tidak semua orang menyadari bahwa ada kebiasaan buruk yang memicu masalah pada jantung.
Daripada penasaran, simak beberapa kebiasaan buruk pemicu penyakit jantung berikut ini:

Mengabaikan berat badan berlebih/obesitas

Obesitas/kelebihan berat badan membuat kerja jantung dalam memompa darah menjadi lebih berat dan otot jantung juga dituntut untuk bekerja ekstra keras. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan menyebabkan penyakit jantung koroner. Selain itu, orang yang obesitas memiliki risiko terkena penyakit hipertensi, diabetes, dan stroke.

Mer*kok

Dalam berbagai penelitian disebutkan jika mer*kok dapat menyebabkan penyakit jantung, namun sayangnya banyak orang justru mengabaikannya. Padahal nikotin dan karbon monoksida pada asap r*kok dapat menyerap oksigen dalam darah sehingga kerja jantung dalam menyuplai oksigen dalam darah menjadi lebih berat. Selain itu, efek buruk mer*kok lainnya adalah membuat darah menjadi lebih kental, tekanan darah meningkat, menambah tumpukan lemak dalam pembuluh darah. Kondisi tersebut tentu tidak baik bagi bagi kesehatan jantung.

Mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi

Jika kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah cukup tinggi, maka tumpukan lemak dalam pembuluh darah koroner akan semakin bertambah. Kondisi tersebut memicu penyempitan pada pembuluh darah koroner yang mengakibatkan kekentalan darah meningkat dan suplai darah ke seluruh jaringan otot jantung menjadi berkurang. Jika dibiarkan terus menerus, maka jantung akan mengalami masalah kesehatan yang serius.

Mengonsumsi makanan asin berlebihan

Mengonsumsi makanan asin secara berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi, dimana ia merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi makanan manis

Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat memicu penyakit diabetes/kencing manis, dimana penyakit tersebut sangat berpotensi menyebabkan penyakit jantung koroner.

Minuman beralkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dapat memicu hipertensi yang berisiko menyebabkan serangan jantung. Selain itu, minum alkhohol juga menyebabkan otot jantung melemah dan jantung mengalami pembesaran sehingga kerja jantung dalam memompa darah menjadi tidak maksimal.

Kurang olahraga

Kurang olahraga dapat memicu obesitas yang membahayakan kesehatan jantung. Olahraga secara teratur dipercaya menyehatkan jantung, meningkatkan sirkulasi darah dan penyerapan oksigen juga lebih optimal.

Stres berlebihan

Stres berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan, karena saat stres otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin yang mempengaruhi kerja jantung menjadi lebih berat dan cepat. Stres juga membuat tekanan darah lebih tinggi sehingga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan jantung.

Pola istirahat tidak baik

Pola tidur yang baik akan membuat tubuh lebih sehat, sebaliknya ketika pola tidur tidak teratur, maka dapat memicu ketidakseimbangan hormon yang memicu pada gangguan  fungsi jantung dan pembuluh darah.

Mengabaikan gejala penyakit

Umumnya tubuh akan memberikan alarm ketika mendapati kelainan, misalnya : sesak nafas, nyeri pada bagian tertentu, bengkak, mual, sakit kepala, mudah lelah, berkeringat dingin, dan gejala yang lainnya. Jangan diabaikan jika mengalami gejala tersebut, karena bisa jadi merupakan adanya masalah pada jantung Anda. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar penyakit bisa terdeteksi dan upaya pengobatan bisa dilakukan.
Wah, ternyata banyak sekali hal buruk yang tidak kita sadari justru membahayakan kesehatan jantung. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan kita semua.

Filed in: Uncategorized

You might like:

5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya 5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya
Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign
Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD
Pahami Hal Berikut Sebelum Bisnis Kambing Kurban Pahami Hal Berikut Sebelum Bisnis Kambing Kurban

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.