Ingin Awet Muda? Waspadai Hal-Hal yang Memicu Penuaan Dini!

Ingin Awet Muda? Waspadai Hal-Hal yang Memicu Penuaan Dini!

Penuaan merupakan proses alami yang tidak mungkin bisa dihindari oleh semua orang. Seiring bertambahnya usia, akan muncul beberapa perubahan fisik, salah satunya pada kulit. Bisakah kita menghentikan proses penuaan? Meskipun proses penuaan tidak dapat dihentikan, namun kita bisa menghambat proses penuaan.
Menghentikan proses penuaan tidaklah mudah, apalagi saat ini banyak factor yang memicu penuaan dini. Tanda-tanda penuaan sebelum waktunya tentulah menjadi momok tersendiri bagi para wanita, tak heran banya wanita mereka memilih cara instan untuk mengatasinya, misalnya dengan perawatan kecantikan di salon, penggunaan kosmetik mahal, suntik vitamin C, hingga operasi.
Penuaan dini merupakan satu kondisi dimana sel-sel kulit mengalami penuaan pada usia yang lebih muda dari seharusnya. Penyebab penuaan dini bukan hanya factor internal, tapi juga eksternal. Beberapa hal pemicu penuaan dini, diantaranya :

Paparan Sinar matahari

Sinar matahari dapat memicu kerusakan sel kulit, termasuk penuaan dini. Paparan sinar UV secara terus menerus dapat memecah kolagen dan menghambat proses sintesis kolagen yang baru. Akibatnya, kulit akan menjadi kendur, kerutan bermunculan dan elastisitas kulit berkurang.

Makanan dan minuman manis

Kebiasaan mengonsumsi makanan/minuman manis dapat menyebabkan proses Advance Glycation Endproducts (AGEs) meningkat. Kondisi tersebut memicu rusaknya kolagen pada kulit sehingga mempercepat munculnya keriput.

Kebiasaan begadang

Begadang tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga mempercepat munculnya kerutan di sekitar mata dan membuat kulit kusam.

Sering stress

Kondiri tegang dan pikiran yang tidak rileks akan mempercepat munculnya kerutan dan garis halus di sekitar wajah.

Ruangan AC

Berada di ruang ber-AC terus menerus kurang baik bagi kesehatan kulit, karena mengurangi kelembaban alaminya sehingga kulit cepat kering dan keriput.

Polusi

Paparan racun pada polusi dapat menyumbat pori-pori kulit dan menghalangi sirkulasi sehingga kulit terlihat kusam dan tidak elastis.

Terlalu sering membersihkan wajah

Mencuci wajah terlalu sering justru menghilangkan minyak alami kulit sehingga elastisitasnya akan berkurang.

Minum dengan sedotan

Kebiasaan minum menggunakan sedotan akan memicu munculnya garis halus pada pipi dan bibir sehingga jika dibiarkan akan berubah menjadi kerutan permanen.
Selain yang disebutkan diatas, mungkin masih banyak penyebab penuaan dini lainnya. semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.
Filed in: Kesehatan Wajah, Kesehatan Wanita

You might like:

Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan Simak 4 Kriteria Ini Saat Ingin Membelikan Helm Anak Agar Sesuai dengan Keinginan
Pentingnya Meja Rapat Pentingnya Meja Rapat
HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan HP Kamera Terbaik Harga 1 Jutaan
Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya! Sudah Waktunya Memberi MPASI pada Anak? Ketahui Dulu Tipsnya, Ya!

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.