Hindari 6 Kebiasaan yang Membahayakan Paru-Paru

Hindari 6 Kebiasaan yang Membahayakan Paru-Paru

Paru-paru termasuk organ yang sangat penting bagi manusia, dimana dia memiliki tugas membersihkan kotoran yang masuk sehingga tidak sampai mengganggu pernafasan. Begitu pentingnya paru-paru sehingga keberadaannya tidak akan pernah bisa digantikan oleh organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita menjaga dan melindungi Paru-paru agar senantiasa sehat dan bisa berfungsi dengan baik. Menjaga paru-paru bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya memenuhi kebutuhan vitamin A yang kaya antioksidan dan bagus untuk paru-paru, menghindari kebiasaan yang dapat merusak paru, dan lain sebagainya.  
Paru-paru/disehat.com
Meskipun paham betapa pentingnya paru-paru, sayangnya masih banyak orang yang entah sengaja atau tidak justru melakukan kebiasaan yang dapat membahayakan paru-paru. Kira-kira apa sajakah kebiasaan tersebut? Simak dech kelanjutan artikel yang berjudul Hindari 7 Kebiasaan yang Membahayakan Paru-Paru berikut ini : 

1.    Tidak menggunakan masker saat naik motor

Keberadaan masker sama pentingnya dengan helm, sayangnya tak banyak yang menyadarinya. Padahal masker berfungsi melindungi paru-paru dari terpapar polusi asap dan debu serta radikal bebas yang siap mencemari pernafasan dan merusak paru-paru. Nah loh, masihkah Anda mengabaikan penggunaan masker? 

2.    Tidak memperhatikan gizi

Tidak memperhatikan gizi juga menjadi salah satu penyebab kerusakan paru-paru, karena seperti yang kita tahu, saat ini kadar polusi udara kian tinggi yang dapat mengganggu kesehatan paru-paru. Untuk menyelamatkan paru-paru, kita harus mencukupi kebutuhan Vitamin A yang mengandung antioksidan tinggi sehingga membantu menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel paru yang terkena zat toksin dan polutan.

3.    Menggunakan cairan pembersih lantai

Pernahkah Anda membayangkan jika cairan pembersih lantai yang sering Anda gunakan sehari-hari dapat membahayakan paru-paru? Hal itu karena kandungan kimia yang terdapat didalamnya bisa menguap dan menimbulkan masalah pernafasan kronis hingga reaksi alergi. Oleh karena itu, teliti dengan benar sebelum membeli cairan pembersih lantai atau lebih baik gunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan lantai. 

4.    Tidak mencuci tangan

Ada satu penyakit yang menyerang paru-paru, yakni Tuberkulosis (TBC), dimana salah satu penyebabkan adalah penularan bakteri melalui udara. Oleh karena itu, usahakan cuci tangan hingga bersih sebelum makan atau setelah beraktivitas di luar rumah, terutama setelah menjenguk pasien di rumah sakit. 

5.    Mer*kok

Sudah menjadi rahasia umum jika mer*kok dapat merusak kesehatan paru-paru, oleh karena itu pastikan Anda berusaha menghindari kebiasaan mer*kok maupun terpapar asap r*kok. Karena, tidak hanya per*kok aktif, tapi Per*kok pasif juga memiliki risiko yang tidak kalah besar mengalami gangguan kesehatan paru-paru. 

6.    Berlama-lama dalam mobil dalam kondisi AC menyala

Siapa sich tidak merasa nyaman saat naik mobil berAC? Sayangnya AC dalam mobil bisa membahayakan diri Anda jika dinyalakan terus menerus. Hal itu karena memudahkan penyebaran microorganism dan bakteri yang menyebabkan gangguan pernafasan dan paru-paru. Untuk itu, pastikan jaga kebersihan mobil dan nyalakan AC mobil secukupnya.
Mencegah lebih baik daripada mengobati, demikian pula dengan paru-paru. Alangkah lebih baiknya jika kita Hindari 6  Kebiasaan yang Membahayakan Paru-Paru diatas dibandingkan harus menanggung risiko penyakit yang berat. Semoga bermanfaat!
Filed in: Cara Mengobati

You might like:

5 Kursi Tamu Minimalis Terbaik 2017 5 Kursi Tamu Minimalis Terbaik 2017
5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya 5 Hal Terbaik yang Dimiliki Notebook Lenovo Ideapad 100 dari Segi Prosesornya
Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign Semalt Expert: How To Run An Awesome Content Marketing Campaign
Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD Kulkas Terbaru LG di Toko Online JD

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.