7 Makanan Enak dan Murah Khas Banjarmasin

soto-banjar

Soto Banjar/saelekko.com

Banjarmasin Kalimantan Selatan memiliki makanan khas yang enak dan murah. Sebagai ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin yang dikenal dengan kota seribu sungai ini memiliki warisan kuliner yang tak terkira.

Saya sangat kuliner yang menjadi andalan Banjarmasin untuk menarik wisatawan, banyak juga tempat wisata menarik dan unik di Banjarmasin. Tentulah tak mungkin bisa satu hari dua hari bisa menjelajahinya.

Agar kamu puas keliling tempat wisata di Banjarmasin sambil mencicipi makanan khas enak dan murah dari Banjarmasin, tak ada salahnya jika kamu menginap di Hotel Mercure Banjarmasin.

Apa saja kuliner khas Banjarmasin yang harus kamu coba saat berkunjung ke sana? Berikut adalah ulasannya.

  1. Nasi kuning khas Banjarmasin

Nasi kuning Banjarmasin memiliki perbedaan yang mencolok yaitu jenis beras yang digunakan. Bukan hanya berasnya saja yang berbeda tetapi juga rempah-rempah bumbu yang digunakan untuk membuat nasi kuning khas Banjarmasin.

Semen itu penyajiannya juga sangat berbeda dengan nasi kuning seperti di pulau Jawa. Nasi putih Jakarta misalnya dilengkapi dengan beberapa topping irisan telur dadar dan tempe orek. Berbeda dengan nasi kuning Banjarmasin yang memiliki ciri khas yaitu serundeng, bumbu dari parutan kelapa yang rasanya gurih.

  1. Soto Banjar

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki ciri khas soto nya masing-masing terkecuali Banjarmasin. Jika di Bogor kita mengenal soto mie bogor, di Sulawesi kita mengenal coto Makassar, di Kalimantan ini kita mengenal soto banjar.

Soto banjar malahan sudah cukup banyak dijual di ibukota. Jadi makanan enak khas Banjarmasin Ini sudah Tidak diragukan lagi soal rasanya. Salah satu ciri khas soto banjar adalah kuahnya yang berwarna bening. Soto banjar menggunakan kayu manis.

Perbedaan lainnya yang paling khas adalah Soto Banjar ditaburi dengan topping perkedel dan irisan telur setengah matang yang membuat soto banjar terlihat lebih spesial dibandingkan soto soto lainnya dari berbagai daerah.

  1. Sup Mutiara

Banjarmasin termasuk kota yang plural. Masyarakatnya berasal dari etnis dan suku bangsa keturunan Tionghoa. Salah satu kuliner peranakan yang masih dipertahankan hingga saat ini adalah sup mutiara.

Namun mutiara hanya bisa dinikmati pada hari hari misalnya pada saat perayaan Tahun Baru Imlek. Ada alasan mengapa sup ini disebut dengan sup mutiara, hal tersebut tak lain karena ini memiliki topping dengan bakso yang ukurannya kecil seperti ukuran mutiara. Selain ditaburi dengan bakso yang kecil sup mutiara juga dilengkapi dengan isian seperti kentang bakso ikan dan kaya akan bumbu rempah-rempah khas Indonesia.

  1. Sayur Kambing Tigarun

Kuliner ini termasuk makanan khas Banjarmasin yang langka. Orang Banjar menyebutnya sebagai lalapan. Namun sayangnya sayur jenis ini memang sangat langka dan hanya bisa dipanen pada musim musim tertentu.

Namun demikian kuliner ini termasuk kuliner yang memang tidak terlalu menjadi favorit meskipun menjadi salah satu warisan kuliner yang harus dilestarikan. Rasanya memang berbeda apalagi aromanya sangat mencolok. Jika lidah kamu bukan lidah nasional, rasanya kamu harus berpikir ulang untuk mencicipi sayur yang unik.

  1. Cacapan Asam

Orang Banjar memang berbeda dengan orang Jawa atau orang Padang. Cita rasa yang paling khas dalam masakan khas Banjar adalah cita rasa gurih, asam, pedas, dan manis bercampur aduk dalam satu kuliner lezat.

Salah satu kuliner yang rasanya nano-nano seperti itu bisa kamu dapatkan pada cacapan asam. Apalagi kuliner ini memiliki bahan lain yaitu terasi sebagai penyedap nya. Cacapan asam tak ubahnya seperti sebuah sambal, tapi rasanya tidak pedas melainkan asam. Itulah sebabnya kuliner dinamakan dengan cacapan asam.

  1. Sambal Acan

Kalau ke Manado wisatawan pasti terkenang dengan rasa dabu-dabu nya. Jika ke Banjar Jangan lupa untuk mencicipi sambal acan. Sambal acan tak ubahnya seperti cacapan asam, perbedaannya terletak dari bahan-bahan digunakan yakni buah-buahan.

Salah satu sambal acan yang terkenal adalah sambal acan Raja Banjar. Sambal ini bahkan bisa dijadikan oleh-oleh yang tahan hingga 1 bulan lamanya. Namun jika tidak kuat hindari mengonsumsi sambal acan ini, karena cabe rawit khas Banjar terkenal membakar lidah.

  1. Ikan Seluang Goreng

Banjarmasin memang dikenal sebagai kota seribu sungai karena memiliki sungai-sungai ya dan lebar. Tak heran jika kota ini memiliki aneka jenis kuliner laut dan juga dari sungai.

Salah satu kuliner sungai yang paling favorit adalah ikan seluang. Ikan ini bukan hanya dijadikan sebagai pendamping makan tapi juga kadang-kadang digunakan untuk camilan. Tak heran jika ikan ini juga kerap dibawa sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah.

Itulah makanan khas enak dan murah di Banjarmasin yang harus kamu coba Jika kamu sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan

Jika dalam waktu dekat ini kamu juga punya rencana untuk wisata ke Bogor, Jawa Barat. Jangan lupa mencari hotel di Bogor termurah lewat reservasi.com untuk mendapatkan promo harga hotel terbaik.

 

Filed in: Review

You might like:

3 Jenis Lotion yang Melindungi dari Sinar UV 3 Jenis Lotion yang Melindungi dari Sinar UV
Mau Beli Biskuit? 4 Alasan Popular Danish Biscuits yang Wajib Dibeli Mau Beli Biskuit? 4 Alasan Popular Danish Biscuits yang Wajib Dibeli
Aneka Kejutan Promo Ramadhan yang Paling Dinanti Aneka Kejutan Promo Ramadhan yang Paling Dinanti
Rekomendasi Terbaik Tempat Jual Sarung Tangan Motor Rekomendasi Terbaik Tempat Jual Sarung Tangan Motor

Leave a Reply

Submit Comment
Proudly designed by Theme Junkie.